Lidah
Ditulis oleh: Administrator pada Rabu, 4 Febuari 2015 06:13:29


Lidah itu kecil, tetapi pengaruhnya sangat besar :
Yakobus 3:5
Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.
Yakobus 3 : 3
Menggambarkan lidah itu kuat, seperti kekang pada mulut kuda dan bisa mengendalikan kuda itu untuk menuruti kemauan kita.
Yakobus 3 : 4
Memberikan ilustrasi kepada kita ; kapal air yang amat besar sekalipun arah dan tujuannya itu ditentukan hanya oleh kemudinya yang amat kecil. Demikian juga dengan lidah kita, bagian yang kecil dari tubuh kita itu sanggup membuat perkara besar yang menentukan nasib manusia.

LIDAH BAGAIKAN API
Api itu panas, demikian juga lidah. Api bisa merusak dan menghancurkan. Gosip dan firnah bisa merusakkan hubungan dengan orang lain. Kata-kata kasar akan terasa panas ditelinga bagaikan api. Gosip akan menjalar dengan cepat bagaikan api yang menghanguskan. (Yakobus 3: 5B-6)

LIDAH SANGAT BUAS
Yakobus mengatakan bahwa semua binatang bisa dijinakkan dan telah dijinakkan oleh manusia, tetapi tidak ada orang yang bisa menjinakkan lidahnya sendiri! Lidah itu adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh dengan racun yang mematikan! (Yakobus 3:7-8)

E. PENGGUNAAN LIDAH
Pergunakan lidahmu untuk memuliakan Allah. Kuasai hatimu dan berkata-katalah yang memberikan berkat bagi orang lain. Kita arus konsisten dalam menggunakan lidah Sama seperti sebuah pohon tidak mungkin mengeluarkan 2 jenis buah, dan sebuah mata air tidak mungkin mengeluarkan air tawar dan air asin. Kita tidak boleh sebentar menggunakan lidah kita untuk Tuhan, tetapi kemudian mengeluarkan kata-kata kutuk dan caci-maki. (Yakobus 3:9-12)