RUMAH YANG DIBERKATI
Ditulis oleh: Administrator pada Rabu, 4 Febuari 2015 06:11:30


 

Banyak orang percaya melihat rumah mereka tidak sesuci dan ”sepenting” gereja. Banyak orang kristen telah mengabaikan peran penting rumah sebagai sumber berkat Tuhan.Padahal dalam banyak teks di Perjanjian Lama, Tuhan sering berkata tentang berkat di dalam rumah umat-Nya! Mis. Ul. 6:4-9; Bil.18:31;Ul.12:7.
Itu artinya Tuhan memandang rumah dan keluarga sebagai hal yang amat penting!
Tuhan memulai kehidupan manusia dengan perkawinan dan keluarga. Komunitas pertama yang Tuhan bangun adalah keluarga dan rumah tangga!
Jadi, rumah (dimana di dalamnya keluarga tinggal) adalah sesuatu yang sangat penting.
Oleh sebab itu kita perlu tahu bagaimana agar rumah (keluarga) kita diberkati Tuhan!
BAGAIMANA MENDATANGKAN BERKAT TUHAN ATAS RUMAH KITA

1. Jadikan rumah anda sebagai ”rumah Tuhan” – Maz.101:2 ”Aku hendak memperhatikan hidup yang tidak bercela: Bilakah Engkau datang kepadaku? Aku hendak hidup dalam ketulusan hatiku di dalam rumahku.”
Selama ini kita sering salah kaprah menilai bahwa rumah Tuhan itu hanya gereja. Tapi sebenarnya rumah dimana kita tinggal pun adalah rumah Tuhan. Artinya, ”tempat” dimana Tuhan mau tinggal dan berdiam disana! Maz.128:1-6 :

2.Undanglah hadirat Tuhan dalam rumah anda – 2 Sam.6:9-11 ”Pada waktu itu Daud menjadi takut kepada TUHAN, lalu katanya: "Bagaimana tabut TUHAN itu dapat sampai kepadaku? Sebab itu Daud tidak mau memindahkan tabut TUHAN itu ke tempatnya, ke kota Daud, tetapi Daud menyimpang dan membawanya ke rumah Obed-Edom, orang Gat itu. Tiga bulan lamanya tabut Tuhan itu tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, dan TUHAN memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya.”
Jadikan rumah anda sebagai altar doa bagi Tuhan. Ini tidak berbicara tentang altar harafiah, tetapi hati yang dipenuhi kerinduan untuk bersekutu dengan Tuhan!
Kalau ada doa yang dinaikkan dalam rumah, maka hadirat Tuhan akan hadir. Dan kalau hadirat Tuhan hadir, maka mujizat pasti terjadi:
Orang yang rumahnya dipenuhi hadirat Tuhan akan merasa betah dan nyaman tingal dirumahnya!

3. Bangunlah bahtera keselamatan dalam rumah anda – Ibr.11:7 ”Karena iman, maka Nuh -- dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan -- dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.” Dari kisah hidup Nuh kita tahu bahwa ia melakukan segala macam cara untuk menyelamatkan keluarganya dari bahaya banjir bandang.

4. Jadikan rumah anda benar-benar sebuah ”rumah” (home)
Jadikan rumah anda sebuah home, dan bukan house. Artinya, sebuah home adalah sebuah tempat tinggal yang nyaman, damai, ada kasih, ada suasana kekeluargaan di dalamnya.
Sementara sebuah house hanyalah sebuah tempat untuk tinggal bersama tanpa ada suasana kekeluargaan di sana. Kalau rumah anda adalah sebuah home, maka berkat Tuhan akan mengalir kesana !
Kalau semua anggota keluarga rukun dan damai (suasana home), maka kesanalah berkat-berkat Tuhan akan dilimpahkan! – Maz.133:1-3

5. Jadikan rumah anda tempat ”pelatihan” untuk melayani – Yos.24:15
Rumah kita harus menjadi seperti gereja, yaitu tempat untuk latihan melayani! Yosua berkomitmen bahwa ia dan seisi rumahnya akan melayani Tuhan!
Rumah yang penghuninya belajar untuk melayani Tuhan dan sesamanya akan menjadi rumah yang sangat diberkati Tuhan!

Rumah dimana kita tinggal adalah tempat dimana Tuhan juga mau tinggal! Oleh sebab itu jadikan rumah anda sebuah home (suasananya damai dan penuh kekeluargaan), maka berkat-berkat Tuhan akan dicurahkan di sana!